Edit foto abstrak menggunakan bentuk geometri merupakan seni yang cukup sulit dilakukan. Karena jika tidak pas akan terlihat acak-acakan. Yang dibahas pada tutorial ini bukanlah menilai hasil karya seninya tapi bagaimana cara membuatnya dengan menggunakan Photoshop. Untuk mendapatkan bentuk abstrak, daripada menggunakan seleksi, kita akan membuat bentuk segitiga menggunakan shape pada foto potret. Karena dengan menggunakan shape kita bisa melakukan clipping antara layer shape dengan layer foto. Dan akhirnya bisa kita manipulasi ukuran dan posisinya menggunakan Free Transform.

Berikut ini caranya:

1. Buka file foto potret anda.

Tekan tombol shortcut pada keyboard Ctrl+O untuk membuka file foto. Pada kotak dialog Open File klik file foto anda kemudian klik tombol Open.

Buka File Potret

Gambar: Buka foto potret anda.

2. Pilih dan atur icon Polygon Tool (U).

Klik icon Polygon Tool pada Tool palette. Jika anda tidak mendapati icon Polygon Tool, klik tahan atau klik kanan pada icon Rectangle Tool untuk menampilkan icon-icon shape tool lainnya. Pada option bar atur Fill ke warna putih, Stroke dengan warna putih, Sides diisi 3 karena kita akan membuat potret abstrak segitiga.

Icon Polygon Tool

Gambar: Icon Polygon Tool U.

Polygon Tool Option Bar Fill Stroke

Gambar: Fill dan Stroke diisi putih.

Polygon Tool Option Bar Sides

Gambar: Sides diisi 3.

3. Buat gambar segitiga pada Foto.

Pastikan kotak Fill pada option bar sudah berwarna putih. Klik kemudian drag pada foto anda untuk membuat segitiga. Begitu anda selesai membuat segitiga akan terbentuk layer baru dengan nama Polygon 1. Klik pada layer Polygon 1 untuk memastikannya sebagai layer yang aktif. Atur ukuran dan posisinya menggunakan Free Transform dengan menekan tombol Ctrl+T. Akan terlihat kotak Free Transform mengelilingi segitiga yang kita buat. Untuk menggeser posisinya, klik pada bagian tengah kotak Free Transform kemudian drag ke posisi yang anda inginkan. Bisa juga menggeser posisi menggunakan tombol panah. Untuk mengubah ukurannya, klik pada bagian pojok kotak Free Transform kemudian mendrag kearah luar atau ke dalam. Jika ingin menjaga rasio segitiga, drag mouse sambil menekan tombol shift. Tekan tombol Ctrl+Enter jika sudah puas dengan hasil Transform.

Buat Segitiga pertama

Gambar: Buat segitiga pertama. Sambil menekan tombol shift, klik pada pojok free transform kemudian drag.

4. Tambahkan Shadow pada segitiga.

Dengan posisi Layer Polygon 1 aktif, klik icon Add Layer Style yang berada di bagian bawah layer palette–sebuah icon bergambar fx. Pada menu bar yang muncul pilih menu Inner Shadow. Kemudian pada kotak dialog Layer Style. Isikan opacity 35%, Angle 75 dan distance 8 pixel. Tentunya pengaturan ini bisa diubah sesuai keinginan anda.

Tambah Layer Style

Gambar: Tambahkan Inner Shadow pada segitiga.

Inner Shadow

Gambar: Kotak dialog inner shadow.

5. Clipping layer background dengan layer polygon.

Klik pada layer background kemudian gandakan dengan menekan tombol Ctrl+J. Akan terbentuk layer dengan nama background copy. Drag layer background copy ke posisi diatas layer Polygon 1. Arahkan mouse diantara layer background copy dengan layer Polygon 1. Kemudian klik sambil menekan tombol Alt. Akan terlihat tanda panah ke bawah pada layer background copy sebagai tanda kedua layer tersebut di klip bersama. Pada segitiga yang sebelumnya terlihat warna putih kini terlihat telah terisi dengan foto.

Klip Layer

Gambar: Sambil menekan tombol Alt, klik diantara layer Background copy dengan layer Polygon 1 untuk clipping layer.

6. Transform layer Background copy.

Klik pada layer background copy untuk mengaktifkannya kemudian tekan Ctrl+T untuk menggunakan command Free Transform. Sambil menekan tombol shift, klik pada pojok kanan atas kemudian drag ke arah kanan bawah untuk memperkecil ukurannya. Tekan tombol Ctrl+Enter jika sudah merasa puas melakukan perubahan. Silahkan lakukan uji coba Free Transform untuk memperoleh gambar abstrak yang anda inginkan.

Free Transform background copy

Gambar: Atur menggunakan Free Transform untuk mendapatkan gambar abstrak.

7. Tambahkan segitiga-segitiga lainnya.

Ulangi langkah 2 sampai langkah 6 untuk menambahkan segitiga lainnya sesuai keinginan anda. Masing-masing segitiga harus tersusun dari kliping layer polygon dengan layer background. Berikut ini layer terakhir yang terbentuk.

Layer Terakhir Edit Foto abstrak

Gambar: Layer Terakhir yang terbentuk. Buat kliping layer polygon dengan background untuk masing-masing segitiga yang dibuat.

Berikut ini hasil akhirnya:

edit foto abstrak

Gambar: Potret abstrak.

Sumber Foto: Microsoft Office Image.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *