Cukup banyak cara untuk menambahkan efek pantulan air menggunakan Photoshop. Namun jika kita ingin lebih bebas memberikan sentuhan langsung pada gelombang atau riak air, maka akan lebih cocok menggunakan Filter Liquify.

Untuk efek ini kita akan menggunakan dua tools liquify yaitu, Forward Warp dan Twirl Clockwise. Keduanya digunakan melalui brush pada window liquify. Kita bisa mengatur ukuran, densitas dan tekanan/pressure dari brush. Forward Warp Tool dapat memberikan efek gelombang air sedang Twirl Tool dapat menciptakan efek riak air baik searah maupun berlawanan arah dengan jarum jam.

Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Buka foto anda.

Pilih menu File>Open (atau menekan tombol keyboard Ctrl+O). Pada kotak dialog Open, pilih foto anda kemudian klik tombol Open.

Buka File Foto

Gambar: Buka foto anda.

2. Perbesar ukuran canvas dengan menambah tinggi untuk efek pantulan air.

Pilih menu Image>Canvas Size. Bisa juga dengan menekan tombol shortcut keyboard Alt+Ctrl+C. Pada kotak dialog Canvas Size, isikan kolom Height New Size dengan nilai kolom Height pada Current Size. Saya akan mengisikan nilai 26,18 cm. Biarkan kolom Width dengan nilai nol. Centang checkbox Relative dan klik Anchor di posisi atas tengah. Untuk lebih jelasnya lihat gambar.