Membuat efek lens blur pada foto dengan membuat fokus satu obyek dan membuat kabur area di sekelilingnya adalah teknik fotografi yang cukup sering digunakan. Sedangkan untuk membuat efek lens blur pada foto yang sudah jadi tentunya hanya bisa dilakukan menggunakan aplikasi pengedit foto seperti Adobe Photoshop. Pada artikel sebelumnya sudah dibahas trik membuat efek fokus foto menggunakan filter gaussian blur. Atau mungkin anda ingin mencoba cara yang lebih sederhana membuat efek blur dengan GIMP. Tutorial ini akan membahas trik menggunakan filter lens blur. Photoshop memiliki filter Lens Blur yang sangat efektif untuk membuat efek buram secara gradual. Berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara untuk membuat efek blur lensa kamera  menggunakan Photoshop. Sumber foto untuk tutorial diambil dari situs Microsoft Office Image. Ikuti langkah-langkah berikuti ini:

Video: Tutorial Photoshop, efek lens blur.

1. Buka foto anda.

Pilih menu File>Open untuk membuka foto anda. Pada kotak dialog Open File, pilih foto anda kemudian klik tombol Open.

Buka Foto menggunakan Photoshop

Gambar: Buka file foto anda.

2. Gandakan layer Background agar kita tidak merusak foto aslinya.

Klik pada layer Background untuk mengaktifkannya kemudian gandakan dengan cara menekan tombol Ctrl+J. Akan terbentuk layer baru dengan nama Layer 1.

Gandakan Layer Background

Gambar: Gandakan Layer Bakcground.

3. Tambahkan layer mask.

Klik pada Layer 1 untuk mengaktifkannya kemudian klik icon Add layer mask. Klik kotak layer mask untuk memastikannya aktif.

Tambahkan Layer Mask

Gambar: Icon Add layer mask dilingkari biru kemudian klik pada layer mask (dilingkari biru).

4. Buat seleksi secara garis besar pada area foto yang ingin anda buat fokus.

Klik icon Poligonal Lasso Tool Icon Polygonal Lasso Tool  kemudian buat seleksi pada obyek foto yang ingin anda buat efek fokus lensa. Tidak perlu melakukan seleksi yang rapih, cukup seleksi secara kasar karena kita akan menerapkan efek fokus lensa secara gradual.

Buat Seleksi pada foto

Gambar: Buat Seleksi.

5. Terapkan Feather.

Untuk memberikan efek transisi gradual antara area fokus dengan area blur pilih menu Select>Modify>Feather atau bisa juga dengan menekan tombol shortcut Shift+F6. Pada kotak dialog Feather Selection isikan radius 60 pixels kemudian klik tombol OK. Anda bisa mengisikan nilai lain untuk radius tergantung foto anda tentunya.

Feather Selection

Gambar: Feather Selection.

6. Isi seleksi dengan warna hitam.

Tekan tombol Shift+F5 atau pilih menu Edit>Fill. Pada kotak dialog Fill, klik menu drop down Use dan pilih warna black. Klik tombol OK. Hilangkan seleksi dengan menekan tombol Ctrl+D.

Fill Feather

Gambar: Kotak dialog Fill.

Feather pada Layer Mask

Gambar: Hasil Fill Feather pada layer mask.

7. Terapkan Filter Lens Blur.

Klik pada thumbnail foto di sebelah kiri Layer Mask pada Layer 1 kemudian pilih menu Filter>Blur>Lens Blur. Pada bagian Depth Map, ubah source menjadi Layer Mask untuk memastikan layer mask digunakan untuk menghitung dimana area blur akan diterapkan. Klik pada foto anda posisi mana yang akan digunakan sebagai pusat fokus lensa. Saya akan mengklik di bagian tengah kuda sebagai pusat fokus lensa. Selanjutnya atur slider Radius untuk menambah efek blur. Saya akan mengisikan nilai radius 10. Semakin tinggi nilai radius, akan semakin kuat efek blur.

Filter Lens Blur

Gambar: Filter Lens Blur.

8. Langkah terakhir rapihkan / edit Layer Mask menggunakan Brush.

Klik icon Brush Tool icon Brush Tool. Sesuaikan ukuran brush. Tekan tombol [ untuk memperkecil ukuran brush dan tombol ] untuk memperbesar. Pilih hardness soft antara 0% sampai 20%. Pastikan foreground berwarna hitam dengan menekan huruf D untuk mereset warna foreground/background ke default, kemudian tekan huruf X untuk men-swap antara warna foreground dengan background. Kemudian klik brush pada bagian pinggiran kuda untuk menghilangkan blur yang tidak diinginkan.

Hardness Brush

Gambar: Pilih hardness yang soft.

foreback

Gambar: Atur warna foreground ke hitam.

Edit Layer Mask menggunakan Brush

Gambar: Klik pada bagian pinggir kuda menggunakan Brush untuk merapihkan filter blur.

Setelah selesai merapihkan layer mask menggunakan brush maka selesai sudah efek lensa blur kita. Berikut ini hasilnya:

membuat efek lens blur pada foto

Gambar: Hasil membuat efek lens blur photoshop.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *